August 02, 2006

Sunday (23/07/06) Do you need financial planner??

Foto Bareng Wina

Apa itu financial plan??
Menurut Bugz, financial plan itu adalah .... apa duwt??
Bugz : "Perencanaan keuangan untuk tujuan tertentu.."
Guest gue di blog ini adalah Wina seorang financial planner.

Gue ama Bugz diundang ama Yanz untuk dengerin presentasi dari Wina seorang Financial Planner yang udah kondang di Hardrock FM tiap Kamis pagi itu lohh.. So, jadilah kita ke rumah Yanz kira-kira jam 2 siang. Pas nyampe di sana, ternyata mbak Winanya udah nyampe. Dan ngga lama kemudian dimulailah presentasinya. Started with introduce ourselves one by one, and happened to be, i was the first one to intoduce. Pas lagi memperkenalkan diri, eh tante Ria nyambungin sesuatu about married DUAARR jadilah kesebut-sebut deh planning buat married. Huwaa atuutttt..
Seru juga, karena di situ kita diajarin untuk menuju ke kebebasan financial, ada step-step yang perlu kita jalanin. Ambil contoh gini, kalo lo punya uang 1 milyar, lo mau ngapain?? Rata-rata orang bakal mikir, "Oh, gue mau beli rumah, trus ada sisa buat nabung" atau "Setengahnya gue buat investasi, setengahnya buat nabung, dan mungkin beli apaaaa gitu".
Ternyata, 1 Milyar itu means nothing lo kalau diliat sekarang. Paling cuma bisa buat beli rumah, mobil dan sisanya sedikit buat tabungan.
Let say, lo ga harus pikirin uang dulu deh, apa yang pengen lo lakukan di masa depan? Wina ngajarin, lo harus tau tujuan lo itu apa supaya seorang financial planner itu bisa bantuin elo supaya bisa mencapai tujuan yang lo mau.Misalnya lo mau punya rumah, lo tentuin kira-kira harganya berapa dan juga brapa lama kira-kira jangka waktu lo untuk membelinya.
Nah, salah fungsinya Financial Planner ini, membantu elo untuk mencapai tujuan itu. Bisa juga buat lain-lain, buat biaya married (eh?? du di du di duuu), nanya-nanya asuransi, investasi dan apa aja demi mencapai tujuan kebebasan financial elo.
Financial planner ini juga akan mereview tiap 3 bulan untuk ngecek sesuai perencanaan ngga, sapa tau ada godaan gitu kaya Mango sale, zara sale ama vnc sale gitu hahahahhaha gue banget.
Tapi kita boleh kok beli-beli gitu, makanya dibikin budget belanja hehehehhe, tuh kan Duwt, kata Wina aku boleh kokkkk =D
Sebelum lo masuk perencanaan, nanti lo bakal di cek dulu kondisi keuangan lo, termasuk sehat apa engga. Baru deh dimulai perencanaan lo. Wina itu orangnya to the point, dan gue lebih suka kaya begitu, tanpa basa basi, kalo elo emang salah lo bener-bener dimarahin sama dia, kejammmm (hehe ngga deng win hehehe). Seru deh, gue seneng banget sama cara pembahasannya Wina dan really excited dengerin dia. You must switch and activate your money.
"It's not how much you EARN, it's how much you SPEND".
Kalo lo mau investasi, dia juga bisa ngaturin mana-mana aja yang cocok buat elo. Ada fee-nya? Adalah jelas, hare geneee mana ada sih yang gratisan hehe. Feenya untuk setahun tergantung berapa dari penghasilan elo. Lo kalo tertarik lebih lanjut, dengerin aja deh di Hardrock FM Kamis pagi. Semuanya balik ke TUJUAN elo apa.
Baru deh dari situ bakal dipikirin selanjutnya oleh financial planner.
So, do you need financial planner??


X.O.X.O

No comments:

Blog Widget by LinkWithin